Apa yang menyebabkan seseorang bisa Alergi Pada Produk Kecantikan Tertentu

0
9

Apa yang menyebabkan seseorang bisa Alergi Pada Produk Kecantikan Tertentu

Perawatan Kecantikan: Alergi kulit dapat dipicu oleh beberapa hal. Mulai dari makanan, benda, hingga kosmetik. Alerrgi yang cukup berbahaya adalah alergi pada produk kosmetik tertentu. Sebab bisa jadi produk tersebut mengandungproduk kimia berbahaya sejenis merkuri.

Kadang, meski pun tidak mengandung bahan kimia yang secara umum berbahaya, juga memang persoalan alergi yang datang dari dalam. Sistem imun tubuh yang bereaksi terlalu berlebihan saat terjadi kontak dengan bahan-bahan kimia tersebut. Beberapa ciri alergi terhadap produk kosmetik tertentu adalah sebagai berikut :

Gatal-gatal. Gatal-gatal merupakan gejala paling umum bahwa kulit kita alergi. Gaal juga merupakan gejala paling ringan. Sebab pemakaian kosmetik yang normal pada masa awal, bukan menimbulkan gatal-gatal. Tetapi terasa sedikit pedih. Jika yang muncul judtru gatal-gatal, sebaiknya segera hentikan pemakaian.

Jika digaruk akan sulit kering. Gejala gatal yang muncul apabila digaruk, akan terjadi iritasi pada kulit. Kulit akan luka, dan luka tersebut sulit sembuh jika dibandingkan dengan luka biasa.

Kulit menjadi kemrehan. Selain gatal, kulit menjadi berwarna kemerahan seperti terbakar. Lama kelamaan warna kemerahan tersebut akan berubah menjadi warna kusam kehitaman.

Muncul ruam. Ruam yang muncul akibat alergi terhadap kosmetik biasanya sulit sembuh. Bahkan jika diobati dengan salep sekali pun.

Beberapa bahan dasar kosmetik yang dapat memicu alergi antara lain paraben (bahan pengawet yang sering digunakan untuk kosmetik), SLS dan ALS, senyawa asam, triclosan, isopropyl alcohol, dan beberapa bahan kimia lainnya. Apalagi bila takarannya tidak sesuai dengan aturan pembuatan kosmetik. Sehingga beberapa senyawa sekaligus memicu timbulnya alergi.

Tips sederhanya, apabila muncul gejala alergi pada awal pemakaian, segera hentikan penggunaan kosmetik tersebut. Jika setelah beberapa hari gejala alergi tidak kunjung hilang, segera konsultasikan ke dokter kulit.

SHARE

LEAVE A REPLY