Kenapa Makanan Bisa menyebabkan Seseorang Alergi pada Kulit

0
25

Kenapa Makanan Bisa menyebabkan Seseorang Alergi pada Kulit

Selain kosmetik, makanan ternyata juga dapat memicu alergi. Bedanya, alergi yang disebabkan makanan murni karena sistem kekebalan tubuh kita bermasalah. Sebetulnya masalah alergi yang disebabkan oleh makanan tidak hanya menimpa kulit. Namun untuk sekarang, kita akan fokus pada alergi yang terjadi di kulit.

Alergi makanan merupakan gejala yang diakibatkan oleh reaksi hipersensitif sistem imun kita terhadap makanan tertentu. Ada juga kasus alergi yang disebabkan oleh debu dan udara. Itu sama-sama bentuk reaksi sistem imun kita yang sensitif berlebihan. Jenis makanan yang memicu alergi, berbeda antara orang yang satu dengan lainnya. Ada yang alergi kacang, aergi telur, ada pula yang alergi pada udang. Jika ia tanpa sengaja makan makanan yang dapat memicu alergi, maka dengan cepat tubuhnya bereaksi.

Sistem imun tubuh kemudian langsung memproduksi Imonoglobulin E (IgE) dan Histamin. IgE merupakan antibodi yang merespon hadirnya sejenis parasit di tubuh. Namun karena respon yang berlebihan, ia juga merespon hadirnya makanan yang sebetulnya tidak berbahaya. Sedangkan histamine merupakan sejenis bahan kimia dari sistem imun yang bertugas mengusir ‘musuh’ dari tubuh. Jika histamine dilepaskan pada kulit, maka muncul lah gatal dan ruam.

Sedangkan alergi merupakan kondisi genetik dimana sistem kekebalan tubuh tidak bisa membedakan mana protein berbahaya dan mana yang tidak. Sebab beberapa kandungan protein dalam makanan memang memiliki kesamaan dengan protein dalam tubuh kuman atau bakteri.

Namun alergi yang disebabkan oleh makanan dapat sembuh dengan sendirinya setelah protein makanan tersebut dicerna secara keselruhan oleh tubuh. Gatal-gatal, bentol dan ruam yang mucul akibat alergi akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

SHARE

LEAVE A REPLY