Tahukah Anda Apa yang Membuat Warna Kulit kita Berbeda

0
12

Tahukah Anda Apa yang Membuat Warna Kulit kita Berbeda

Warna kulit sering kali memunculkan perbedaan kasta. Contohnya seperti yang terjadi di Amerika. Orang kulit putih cenderung dianggap lebih tinggi kastanya dibandingkan dengan orang kulit hitam. Warna kulit juga sering menimbulkan ketidak PD-an bagi pemiliknya. Sepertiyang terjadi di Indonesia, para wanita mati-matian berusaha mendapatkan kulit putih karena tidak PD dengan kulitnya yang sawo matang. Sebetulnya tidak salah. Namun tidak ada salahnya kita tahu kenapa kulit kita berbeda warna. Lalu apa manfaatnya bagi kehidupan kita.

Orang yang berada di iklim tropis seperti Indonesia, cenderung memiliki kulit berwarna sawo matang hingga gelap. Kenapa demikian ? Karena kulit memiliki kemampuan merespon terhadap paparan sinar matahari. Semakin panas cahaya yang terpapar ke kulit, semakin gelap lah kulit kita. Artinya, kulit gelap bukan karena terbakar, tapi karena respon terhadap sinar matahari.

Di dalam lapisan Malpighi yang terdapat di dalam jaringan epidermis kulit, ada bagian yang disebutĀ  pigmen kulit. Pigmen berfungsi menghasilkan melanin yang memberi warna sekaligus melindungi kulit dari sinar matahari. Ketika kulit terpapar sinar matahari panas cukup lama, pigmen akan menghasilkan melanin warna gelap. Semakin lama ia terpapar sinar matahari, semakin banyak melanin gelap yang dihasilkan.

Semakin gelap warna kulit, semakin kecil resiko terkena dampak nnegatif sinar UV. Misalnya kanker kulit, bintik hitam, dan sebagainya.

Beberapa orang mensiasati agar pigmen kulit itdak terlalu merespon sinar matahari dengan melapisi sunblock, sunscreen serta SPF. Cara tersebut terbukti ampuh melindungi kulit daripaparan sinar matahari langsung.Namun memiliki resiko terkontaminasi oleh bahan-bahan logam kimia di dalamnya. Oleh karena itu,menggunakan pakaian tertutup saat beraktivitas ke luar merupakan cara paling aman untuk meminimalisir terjadinya kulit gelap akibat sinar matahari.

SHARE

LEAVE A REPLY