Ternyata Inilah Bahaya Sinar Ultra Violet Bagi Kulit Wajah Anda-baca sampai tuntas

0
7

Ternyata Inilah Bahaya Sinar Ultra Violet Bagi Kulit Wajah Anda-baca sampai tuntas

Mengapa demikian ? karena matahari menghasilkan radiasi yang mencapai permukaan bumi, Radiasi matahari tersusun dari sinar infra merah dan cahaya tampak, serta sinar Ultra Violet dalam radius A dan B. Radiasi Ultra Violet dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, bahkan kerusakan kulit secara permanen termasuk kanker kulit. Radiasi Ultra Violet dapat menyebabkan kulit anda terbakar, serta menyebabkan noda-noda cokelat serta penebalan dan keringnya kulit. Radiasi Ultra Violet dapat merusak DNA, menekan kekebalan tubuh dan mengaktifkan bahan kimia dalam tubuh yang bisa menimbulkan kanker atau efek lainnya juga bisa menyebabkan penuaan dini.

Bahaya Sinar Ultra Violet untuk Kulit Wajah Anda

  1. Kulit menjadi berkerut. Kulit yang berkerut merupakan salah satu efek akibat paparan sinar matahari yang berlebih. Kerutan ini disebabkan karena kolagen yang ada dalam lapisan kulit mengalami kerusakan. Ketika kolagen rusak, kulit menjadi kasar dan kelembaban juga hilang  sehingga terbentuk kerutan. Munculnya kerutan merupakan salah satu proses penuaan dini yang sangat di takuti manusia.
  2. Kulit menjadi kasar. Terlalu lama di bawah sinar matahari dapat membuat kuit menjadi kasar. Kulit kasar juga merupakan salah satu akibat dari kerusakan kolagen kulit.
  3. Komedo yang sering menganggu kehalusan dan keindahan kulit wajah, teryata dapat timbul karena disebabkan oleh paparan sinar matari berlebih.
  4. Kulit terbakar. Sinar ultra violet pada matahari adalah yang menyebabkan kulit terbakar. Sinar ultra violet dapat menembus kulit dan mematikan sel kulit yang hidup. Pada sel kulit yang mati aliran darah terhambat sehingga akan menyebabkan munculnya benjolan-benjolan berwarna merah yang mengerikan. Jika tidak segera ditangani, kerusakan sulit seperti ini akan menyebabkan cacat permanen padan kulit seperti munculnya flek-flek hitam.
  5. Mempercepat proses penuaan dini. Pernah kah anda memperhatikan orang yang bekerja seharian di bawah terik matahari dan orang yang bekerja seharian di dalam kantor. Coba anda bandingkan walau usia keduanya sama, namun orang yang bekerja seharian diluar akan tampak keihatan lebih tua dari pada orang kantoran, ini membuktikan bahwa matahari dapat menyebabkan penuaan pada kulit.
  6. Meningkatkan resiko kanker kulit. Yang lebih parahnya lagi, bahwa sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit, ini di sebabkan karena sinar matahari mengandung sinar UV. Yang mana sinar UV ini sangat berperan dalam potensi kanker kulit, selain itu tingginya trigliserid juga merupakan faktor utama dalam kanker kulit.

Mengingat bahaya dari radiasi ultra violet (UV) matahari, maka kulit wajah perlu dilindungi meski tubuh telah menyediakan sistem perlindungan alami. Luka bakar akibat radiasi sinar matahari bisa menjadi kanker kulit 20 tahun kemudian atau lebih. Oleh karena itu, perlindungan bagi kulit terhadap sinar matahari perlu diperhatikan sejak dini. Mari kita sama-sama menjaga kesehatan kulit kita, tentunya untuk kenyamanan diri kita sendiri.

SHARE

LEAVE A REPLY